Informasi Perusahaan

Pengadaan Hijau

CKD telah berupaya secara mandiri dalam aktivitas pelestarian lingkungan untuk waktu yang lama. Akan tetapi, masalah lingkungan yang sedang dihadapi dunia ini tidak dapat diselesaikan hanya dengan usaha satu perusahaan saja. Oleh karena itu, divisi pembelian akan melakukan aktivitas pengadaan hijau yang ramah lingkungan mulai dari tahap pengadaan dan menambahkan “Lingkungan” sebagai kata kunci di samping “Kualitas, harga, dan waktu pengiriman” yang telah ada berdasarkan kebijakan lingkungan hidup.

Untuk mendorong aktivitas pelestarian lingkungan secara efektif, tidak hanya CKD saja melainkan upaya menyeluruh yang melibatkan kerja sama dengan mitra bisnis adalah suatu hal yang sangat diperlukan. Oleh karena itu, CKD merumuskan pola pikir dasar terkait pengadaan hijau di bawah ini. CKD akan memprioritaskan pengadaan dari mitra bisnis yang memiliki pengadaan hijau tinggi berdasarkan standar CKD. Kami mohon pengertian dan kerja sama Anda terkait upaya-upaya ini.

Pola Pikir Dasar terkait Pengadaan Hijau

(1) Kepatuhan Hukum dan Pengelolaan Zat Kimia

Terkait bahan-bahan yang dilarang oleh hukum, diharapkan agar mitra bisnis tidak menggunakannya dan dipastikan agar bahan-bahan tersebut tidak terkandung di dalam material, komponen, produk, dan sebagainya. Selain itu, ada kalanya CKD meminta informasi terkait zat yang dikelola secara mandiri oleh kami dan kami mohon kerja samanya untuk menyediakan informasi, meniadakan, pelarangan penggunaan, penggunaan zat alternatif dan sebagainya terkait zat tersebut.

  • Pengelolaan terkait zat-zat yang diatur oleh RoHS (bukti tidak adanya zat terlarang dan sertifikat mitra bisnis dalam proses tertentu)
  • Pengelolaan zat-zat kimia berdampak bagi lingkungan yang ditetapkan oleh CKD

(2) Mendorong Aktivitas Pelestarian Lingkungan

Kami mohon agar sertifikat ISO14001 diperoleh dan dibuat sistem manajemen lingkungan berdasarkan sertifikat tersebut. CKD akan memprioritaskan mitra bisnis yang mendorong pelestarian lingkungan secara proaktif.

(3) Penghematan Sumber Daya dan Daur Ulang

Mohon untuk sedapat mungkin menggunakan material yang mudah didaur ulang sebagai bahan baku yang digunakan dalam komponen, produk, dan kemasan yang dipasok. Selain itu, mohon pertimbangannya untuk membuat struktur yang dapat digunakan kembali dan berusaha membuat komponen menjadi lebih ringan dan kecil.

(4) Manajemen dan Pengurangan Limbah

Mohon lakukan pengolahan yang tepat terhadap limbah yang dihasilkan dari proses produksi dan sedapat mungkin melakukan penggunaan kembali dan pengurangan limbah. Selain itu, mohon pertimbangannya untuk meningkatkan rasio hasil (yield rate). CKD pun akan sedapat mungkin memberikan bantuan terkait penggunaan bahan daur ulang sebagai bahan baku.

(5) Menyediakan Informasi Lingkungan

Mohon kerja sama aktifnya apabila diminta untuk menyediakan informasi lingkungan terkait produk dan aktivitas produksi seperti informasi kandungan bahan kimia dan sebagainya. CKD akan memprioritaskan mitra bisnis yang memiliki pengadaan hijau tinggi berdasarkan standar CKD.

  • Angket terkait pengadaan hijau
  • Survei kandungan dan bukti tidak adanya zat yang dilarang dalam RoHS
  • Survei kandungan dan bukti tidak adanya zat-zat kimia berdampak bagi lingkungan yang ditetapkan CKD

(6) Keamanan dan Kesehatan Kerja

Mohon kurangi potensi bahaya laten kecelakaan kerja dan promosikan pembentukan lingkungan kerja yang nyaman.

Pola Pikir Dasar terkait Pengadaan Hijau